Pay Per Click (PPC) Advertising

Pay Per Click (PPC) Advertising

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInShare on Google+

Pay Per Click (PPC) adalah sebuah program pengiklanan  diinternet dengan cara membayar  setiap klik  iklan yang dipasang pada website atau blog.Dengan cara ini, pengiklan (advertiser) membayar penerbit iklan (publisher) ketika iklannya di klik. Dengan mesin pencari, pengiklan biasanya memasang iklan dengan kata kunci yang sesuai dengan target pasarnya. Pada periklanan  online PPC ini, salah satun model yang banyak dipakai. PPC yang saat ini  paling populer adalah  Google AdSense.

PPC banyak dipakai  karena dirasa lebih adil, baik untuk advertiser maupun publisher, karna ukuran yang dipakai sangat jelas, dan mudah dilakukan.Tidak seperti model pangiklanan lain, dimana advertiser harus membayar biaya iklan, tanpa mengetahui informasi yang jelas tentang untuk apa saja biaya iklan yang dibayarkan? Apa yang didapat dari sejumlah uang yang dibayarkan untuk biaya advertising? Seperti ketika memasang iklan di surat kabar, billboard, televisi, atau situs web dengan model pembayaran yang berbeda. Dengan model  ini, tak ada pengunjung, maka tak ada biaya yang harus dibayar.

Pengiklan tidak harus mengeluarkan banyak uang agar bisa beriklan dengan metode PPC ini, sudah bisa dilakukan dengan anggaran hanya beberapa puluh ribu rupiah saja.  Harga perkliknya bisa ditentukan  berdasarkan kata kunci yang digunakan dalam mesin pencari google, atau sistem rata (flat) tergantung kesepakatan advertiser dan publisher iklan. Kelebihan lainnya dari model ini adalah  dengan adanya  traffik langsung ke website. Dengan iklan di televisi misalnya, seseorang harus mengingat alamat situs yang diiklankan, untuk dapat mengunjunginya kemudian, Pay Per Click langsung mengarahkan target pasar langsung ke situs yang dipromosikan.

Dengan adanya PPC ini, juga mempermudah pemilik  situs web atau blog untuk memonetisasi situs dan blognya dengan menjadi publisher iklan, dengan mendaftar di google adsense atau sistem lain dengan model Pay Per Click seperti bannership.com atau agen advertising lainnya.

3 thoughts on “Pay Per Click (PPC) Advertising”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *