5 Langkah Mendapatkan Uang Online Untuk Pemula

5 Langkah Mendapatkan Uang Online Untuk Pemula

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrShare on LinkedInShare on Google+

Masih pemula di bidang penjualan online dan ingin mendapatkan uang online, tetapi tidak punya modal yang besar untuk memulai usaha anda dan masih buta tentang informasi bisnis online? Mengetahui cara terbaik membelanjakan modal Anda yang terbatas merupakan tantangan tersendiri.

Berikut lima langkah panduan untuk membantu Anda memulainya dan menuntun menuju sukses.

1. Sebelum memulai, luangkan waktu untuk mendapatkan  tanggapan dan masukan tentang apa yang akan Anda jual.

Jangan bergantung pada pendapat teman atau keluarga tentang produk barang atau jasa yang akan Anda jual. Orang yang punya ikatan emosional dengan Anda akan cenderung menganggap idemu selalu bagus.  Mengandalkan tanggapan dari mereka yang punya ikatan emosional denganmu bisa menjadi bencana. Dapatkan gambaran pasar sesungguhnya dari mereka yang diluar lingkungan sosial Anda. Jika anda seorang pemula, survei adalah sebuah kesempatan untuk mengetahui apa yang konsumen harapkan dari produk barang atau jasa yang mereka butukan. Tanyakan pendapat dari calon konsumen Anda.

2. Membuat website sendiri.

Untuk mendapatkan  uang online untuk pemula, buatlah website dimana Anda bisa menjual produk atau jasa. Tidak hanya tempat untuk mendatangkan konsumen, website juga bisa membangun digital branding bisnis anda. Buatlah situs Anda sederhana dan didukung versi mobile sehingga mudah diakses.  Untuk membuat website dengan biaya murah gunakan sistem manajemen konten (CMS) seperti WordPress yang mudah digunakan dan juga gratis. Kemudaian daftarkan sebuah nama domain dengan berlangganan pada layanan hosting seperti GoDaddy. Sesuaikan CMS  dengan yang memungkinkan tema dan plugin ecommerce. WooCommerce menawarkan tema gratis untuk WordPress dan juga plugin ecommerce dengan gratis  seperti MarketPress.

3. Kenali pesaing dan kostumer Anda.

Pelajari dan analisa pesaing dan perilaku kostumer anda. Kostumer anda juga akan mengunjungi website kompetitor anda atau website yang bisa menggantikan barang atau jasa yang anda jual.  Misalnya jika anda menjual box bayi, lihat juga website yang menjual perlengkapan bayi. gunakan “penelusuran yang terkait” yang terletak pada bagian bawah hasil pencarian google, untuk melihat website lain yang mungkin dikunjungu calon konsumen Anda. Gunakan alat gratis yang lain untuk mengetahui pasar seperti  Google Alerts dan Google Trend.

4. Buat rencana kerja untuk pemasaran dan penjualan.

Buatlah patokan berapa banyak langganan atau penjualan yang akan dicapai. walaupun tak terealisasi, Anda bisa mendapatkan gambaran sesungguhnya tentang bisnis Anda. Salah satu cara untuk mencapai target tersebut adalah dengan mencari tahu cara pemasaran mana yang sangat berpengaruh untuk penjualan Anda.  Mulailah dengan menggunakan sosial media dimana audiens Anda berada. Untuk produk baru, saluran terbaik adalah facebook dan twitter. Selain itu cara pemasaran gratis lainnya adalah dengan membuat blog di website Anda sendiri  dan menjadi blogger tamu pada situs yang bisa mendukung bisnis Anda. Strategi ini membantu membangun brand Anda.

5. Lakukan Sendiri yang Anda bisa lakukan.

Mekakukan sendiri sebanyak mungkin pekerjaan membantu menghemat budget Anda yang terbatas. Dengan melakukannya sendiri, Anda bisa belajar dan  mengontrol semua proses. Mintalah pendapat dan saran dari wirausahawan yang punya reputasi baik untuk membantu Anda.

jangan takut untuk mencoba. Langkah pertama biasanya lebih sulit dan Anda bisa saja terjatuh. Tetapi tanpa langkah pertama Anda tidak bisa kemana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *